Subscribe Us

Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap dan Faktor Penyebabnya

Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap dan Faktor Penyebabnya - Bagi anda yang mengalami bau mulut tak sedap tentu saja hal ini merupakan suatu siksaan tersendiri. Bagaimana tidak, Bau mulut yang tak sedap tentu saja akan memberi respon yang negatif bahkan bisa saja menghilangkan konsentrasi terhadap lawan bicara anda. Hal ini bisa saja terjadi akibat kebiasaan anda yang jarang membersihkan mulut (sikat gigi), atau akibat banyak mengkonsumsi makanan yang menimbulkan bau seperti pete, jengkol, bawang putih dll.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap dan Faktor Penyebabnya

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut tak sedap, anda bisa memulainya dengan cara menggosok gigi secara teratur, menggunakan obat kumur atau mouthwash, ada juga sebagian orang untuk menghilangkan bau mulut dengan cara memakan atau mengunyah permen karet atau permen biasa yang dapat mengurangi bau tak sedap pada mulut.

Beberapa Faktor Penyebab Bau Mulut

1. Mangkonsumsi Makanan Berbau

Jika anda sering mengkonsumsi makanan yang berbau menyengat seperti pete, jengkol, bawang putih  dan yang sejenisnya. Tentu saja jenis makanan tersebut dapat menimbulkan bau mulut tek sedap, sebaiknya hindari makanan tersebut sebisa mungkin. Namun jika anda ingin menkonsumsinya juga sebaiknya makanlah sekedarnya saja lalu jangan lupa untuk segera membersihkan mulut.

2. Gigi Berlubang dan Sariawan

Gigi berlubang dan sariawan adalah hal yang mudah bagi kuman untuk berkembang biak. Maka jangan heran jika anda menjumpai orang yang sedang mengalami gigi berlubang dan sariawan mengeluarkan bau tak sedap ketika sedang bicara dihadapan anda. Hal tersebut disebabkan karena banyak bakteri yang bersarang di sekitar mulut.

3. Mulut Kering

Mulut yang kering juga bisa menimbulkan bau mulut tak sedap. Hal ini bisa terjadi akibat dehidrasi, mengkonsumsi obat-obatan, dan kurangnya produksi makanan dan minum air, sehingga bakteri dan kuman akan mudah bersarang dalam mulut dan menimbulkan bau mulut tak sedap. Sebagai contoh bau mulut tak sedap bisa terjadi pada saat anda bangun tidur dibagi hari.

4. Merokok dan Minum Alkohol

Kebiasaan merokok dan minum minuman yang beralkohol tentu saja akan memicu bau mulut tak sedap, hal ini disebabkan aroma asap rokok dan minuman beralkohol yang tertinggal didalam rongga mulut, tidak mudah untuk dibersihkan sehingga akan menimbulkan nafas dan bau mulut tak sedap.

5. Penyakit Organ Tubuh Bagian Dalam

Orang yang sedang sakit cendrung mulutnya berbau, hal ini wajar dikarenakan metabolisme tubuh yang tidak seimbang serta menurunnya daya tahan tubuh. Beberapa penyakit juga bisa menimbulkan bau mulut tak sedap, salah satunya adalah penyakit gusi, plak dan asam lambung. Penyakit gusi akan terjadi ketika jaringan gigi mengalami peradangan akibatnya gusi akan berdarah. Penyakit plak akan muncul pada gigi akibat air liur bercampur dengan sisa makanan dan bakteri yang tidak dibersihkan, sehingga plak akan menempel pada permukaan gigi dan menimbulkan bau mulut tak sedap. Sedangkan penyakit asam lambung akan muncul akibat produksi asam lambung yang berlebihan dan naik ketenggorokan, hal ini juga dapat menimbulkan bau mulut tak sedap.

Dengan mengetahui beberapa faktor penyebab bau mulut, maka secara tidak langsung anda dapat mengambil solusi yang bisa bermamfaat untuk mengatasi bau mulut yang sedang anda alami. Nah selanjutnya akan saya informasikan untuk anda tentang cara menghilangkan bau mulut tak sedap.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap 
  • Daun Sirih : Anda pasti sudah mengenal tumbuhan yang satu ini. Ya Daun sirih merupakan tumbuhan yang sangat terkenal yang banyak mengandung zat antiseptic, sehingga tak jarang yang menggunakannya sebagai bahan alami untuk mengatasi persoalan kesehatan. Hal yang sama juga bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut, caranya adalah dengan mengunyah daun sirih secara rutin. Hal ini bisa mengatasi bau mulut tak sedap.
  • Konsumsi Makanan Berserat dan Minum Air Secukupnya : Makan makanan yang berserat serta minum air putih secara teratur juga dapat mengatasi bau mulut. Seperti halnya buah dan sayuran yang dapat membantu menetralisasikan metabolisme tubuh, sehingga dengan demikian diharapkan dapat mengatasi bau mulut serta permasalahan kesehatan lainnya.
  • Rajin Menggosok Gigi : Rajin menggosak gigi secara ritin agar mulut dan gigi senantiasa bersih selalu, sehingga tidak menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan bau mulut.      
  • Jangan Merokok dan Minum Alkohol : Seperti yang sudah diuraikan diatas bahwa merokok dan minum minuman yang beralkohol dapat menyebabkan bau mulut. Maka dari itu hindarilah sebisa mungkin, sebab kebiasaan tersebut lebih banyak kerugiannya daripada mamfaat bagi kesehatan tubuh.
  • Menjaga Kebersihan Mulut : Jagalah selalu kebersihan mulut anda dengan cara menggosok gigi secara teratur dan berkumur dengan menggunakan antiseptik. Anda bisa menggunakan bahan alami seperti air jeruk nipis, rebusan daun sirih dan teh hijau. Selain itu anda juga dapat menggunakan obat kumur untuk mengatasi bau mulut tak sedap.
  • Hindari Makanan yang Berbau Tajam : Yang dimaksud makanan yang berbau tajam disini adalah jengkol, pete, terasi, bawang putih dan lain sebagainya. Jenis makanan tersebut merupakan makanan yang berbau tajam. Sebab dengan makan makanan yang berbau menyengat seperti itu maka secara tidak langsung akan mungundang munculnya bau mulut tek sedap.
Demikianlah beberapa tips cara menghilangkan bau mulut tak sedap dan faktor penyebabnya. Mulailah dari sekarang hidup sehat, diawali dengan rajin menggosok gigi minimal 3X dalam sehari serta kurangi makanan yang berbau menyengat.

Posting Komentar

0 Komentar