Subscribe Us

7 Makanan Sehat yang Baik untuk Berbuka Puasa

7 Makanan Sehat yang Baik untuk Berbuka Puasa - Berpuasa dibulan suci ramadhan adalah merupakan bentuk ibadah kepada ALLAH SWT yang harus dilakukan bagi umat muslim di seluruh dunia, dengan cara menahan diri dan hawa napsu dari segala hal yang dapat membatalkan puasa, baik jasmani maupun rohani dari mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Dalam berpuasa sebaiknya jangan lupa untuk menjaga kesehatan agar tubuh selalu tetap segar dan terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Salah satu tips yang dapat anda lakukan adalah dengan cara menjaga dan memperhatikan setiap makanan yang akan dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Hindari makan terlalu berlebihan saat berbuka puasa, komposisi makanan harus sesuai sehingga makanan yang kita makan memiliki nilai gizi yang baik bagi tubuh dan tidak memberi efek buruk.

Makanan Sehat yang Baik untuk Berbuka Puasa

Berikut ini adalah informasi untuk anda tentang 7 Makanan Sehat yang Baik untuk Berbuka Puasa.

1. Buah Kurma

Sangat dianjurkan saat berbuka buasa untuk mengkonsumsi makanan yang manis dan ringan. Kurma adalah solusinya rasanya yang manis dan juga enak untuk dikonsumsi. Selain itu Kurma juga banyak mengandung fruktosa, glukosa serta sukrosa yang memiliki kandungan kalori yang rendah. Dengan kandungan manis yang alami, buah kurma dapat mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa dan baik untuk tubuh.

2. Air Putih

Saat berpuasa tubuh akan mengalami rasa haus yang sangat berlebihan (dehidrasi) yang menyebabkan tubuh menjadi lemas, sehingga akan sulit untuk berkonsentrasi. Maka dari itu sangat dianjurkan saat berbuka puasa untuk meminum air putih terlebih dahulu agar cairan yang hilang dalam tubuh menjadi normal sehingga dengan demikian tubuh akan segar kembali.

3. Madu

Mengkonsumsi madu dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh dan juga dapat mengatasi masalah pencernaan. Selain itu madu juga mempunyai banyak sekali mamfaatnya untuk tubuh. Madu banyak mengandung antioksida, kalsium, kalium, magnesium, zat besi, mangan dan sulfur. kandungan glukosa dan fruktosanya yang mudah diserap oleh tubuh, dengan demikian stamina dan energi yang hilang selama puasa akan kembali normal.

4. Buah Segar

Buah-buahan segar sangat baik sekali untuk dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Konsumsilah buah yang banyak mengandung air selain mudah untuk dicerna oleh usus juga dapat mengatasi dehidrasi pada tubuh. Selain itu usahakan perbanyak makan buah yang berserat tinggi seperti pisang, pepaya dan lain sebagainya. Karena mengkomsumsi buah yang kaya akan serat sangat baik untuk mengembalikan tenaga yang hilang saat berbuasa.

5. Sayur-sayuran Sehat

Makanlah sayur-sayuran sehat yang mudah dicerna oleh tubuh saat berbuka puasa. Sayur-sayuran yang baik disini adalah sayuran hijau yang kaya akan nutrisi seperti protein, serat, vitamin, zat besi dan mineral dan tentunya akan baik untuk kesehatan tubuh. Saat berpuasa lambumng akan berhenti beroperasi sehingga enzim pencernaan akan berkurang, itulah mengapa sebabnya saat berbuka puasa disarankan untuk makan makanan yang mudah dicerna agar lambung tidak terkejut.

6. Telur

Selain mudah untuk dicerna serta mudah dalam penyajiannya.Telur juga sangat baik untuk menu saat berbuka puasa, karena telur banyak mengandung protein dan asam amino yang tinggi. Sehingga sangat baik untuk menjaga dan mengembalikan stamina dan energi yang terbuang saat berpuasa.

7. Ikan

Ikan mempunyai banyak sekali mamfaatnya bagi kesehatan tubuh. Selain itu ikan banyak mengandung omega 3, protein, vitamin D, antioksida, vitamin B dan meneral sangat baik dan cocok untuk dikonsumsi sebagai pendamping nasi saat berbuka puasa.

Itulah beberapa jenis makanan yang sehat dan baik untuk berbuka puasa. Semoga ibadah puasa yang kita kerjakan tahun ini mendapatkan pahala dan semangkin baik dari yang sebelumnya. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh.

Posting Komentar

0 Komentar