Subscribe Us

Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh - Haus merupakan salah satu gejala yang sering timbul pada manusia, hal ini biasa terjadi pada tubuh yang sedang membutuhkan cairan dalam waktu sesegera mungkin. Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian tubuh yang kita miliki terbentuk atas cairan, sehingga kebutuhan akan cairan bagi tubuh sangatlah tinggi. Manfaat air dalam tubuh kita tentu tidak dapat digantikan oleh apapun. Minum air adalah solusi terbaik terutama air putih, air putih merupakan minuman yang menyegarkan sekaligus menyehatkan bagi tubuh. Air mampu menjaga kesehatan dalam tubuh seperti mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi.

Mamfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Jika anda menginginkan tubuh yang sehat dan terlihat segar bugar selalu, pertimbangkanlah untuk selalu minum air putih secara rutin. Idealnya, kita membutuhkan 8 gelas air putih per harinya. Anda dapat memulainya minum air putih dipagi hari minimal 2 gelas. Berbagai aktivitas dan rutinitas sepanjang hari menyebabkan tubuh menghabiskan tenaga dan cairan. Sehingga tubuh menjadi lelah dan lemas hal ini bertanda bahwa tubuh sangat membutuhkan cairan. Berikut ini informasi untuk anda tentang mamfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh.

1. Menyehatkan Fungsi Ginjal

Dengan minum air putih secara teratur maka akan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, sehingga dapat membantu meringankan kerja organ ginjal dan menjaga organ ginjal agar selalu tetap sehat sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Hal terpenting adalah bahwa minum air putih pada saat perut kosong dapat mencairkan asam yang menyebabkan batu di ginjal.

2. Mengontrol Berat Badan

Dengan minum air putih dapat membantumu mengurangi pola makan yang berlebihan. Saat terbangun dipagi hari, anda dapat memulainya dengan minum air putih maka bisa membuat rasa lapar berkurang. Dengan demikian selera makan yang berlibihan pun dapat terkontrol dengan sendirinya. Sehingga secara tidak langsung anda bisa memiliki berat badan yang ideal.

3. Menjaga Tubuh Tetap Prima dan Awet Muda

Jika tubuh kekurangan cairan maka akan terasa lesu dan lelah yang berlebihan, sehingga anda akan mudah mengalami dehidrasi pada tubuh. Untuk menjaga hal tersebut mulailah dari sekarang untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, caranya dengan minum air putih maka akan membuat sistem getah bening bekerja secara optimal. Dengan demikian tubuh memiliki kekuatan lebih untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Dengan minum air putih setelah berolahraga sangat efektif untuk membuang dan membersihkan racun dalam tubuh melalui keringat dan urine yang kita keluarkan. Sehingga tubuh pun akan lebih sehat, segar dan awet muda selalu.

4. Melancarkan Pencernaan dan Buang Air Besar

Dengan membiasakan minum air putih secara teratur maka akan membantu mempermudah proses kerja usus untuk mengeluarkan kotoran. Sebab air putih dapat mempermudah percernaan makanan menjadi lebih baik. Seperti kita ketahui susah buang air besar atau sering kita sebut dengan sembelit juga disebabkan kurangnya mengkonsumsi cairan (air putih). Maka dari itu dengan mencukupi kebutuhan air putih dalam tubuh dapat membantu mengatasi dan mencegah sembelit, serta dapat melancarkan sistem saluran pencernaan.

5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Penuaan Dini

Kekurangan cairan menyebabkab dehidrasi yang bisa menyebabkan keriput secara dini. Seperti yang sudah ditemukan dalam sebuah studi banding bahwa dengan minum air 500 ml pada saat perut kosong dapat meningkatkan aliran darah pada kulit, sehingga membuat kulit lebih bersinar dan bercahaya. Selain itu memiliki tubuh yang sehat dengan kulit yang segar tentu saja hal ini akan  membuat anda tetap kelihatan muda meski usia terus bertambah. Coba perhatikan disekeliling anda sebagian orang yang berumur masih muda akan tetapi sudah kelihatan tua, mungkin hal itu bisa saja terjadi disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh sehingga kulit menjadi mudah keriput dan kelihatan lebih tua.

6. Menjaga Kekebalan Tubuh dan Pertumbuhan Rambut

Minum air putih juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan dalam tubuh. Sebab itu sistem kekebalan tubuh yang baik akan membuat Anda lebih aman dari berbagai serangan penyakit. Selain itu kekurangan cairan juga bisa berdampak buruk pada pertumbuhan rambut, rambut akan mudah menjadi rapuh dan tipis. Maka mulailah dari sekarang untuk membiasakan minum air putih unutk menjaga kesehatan tubuh kita.

Demikianlah ulasan singkat tentang tips kesehatan yang mengulas tentang manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh. Dan jangan lupa untuk selalu memastikan air minum yang layak dikonsumsi serta memenuhi standar kesehatan, untuk menghindari penyakit akibat meminum air yang telah terkontaminasi. Dengan minum air putih secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima sepanjang hari.

Posting Komentar

0 Komentar