Subscribe Us

Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 9 Bulan

Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 9 Bulan - Rasa was-was dan bahagia di usia kehamilan 9 bulan ini pasti selalu dirasakan oleh Ibu hamil. Namun di usia kehamilan inilah sering kali Ibu hamil mengeluhkan masalah kesehatan seperti sesak nafas, akibat pertumbuhan bayi yang berkembang pesat sehingga menekan diafragma si Ibu, selain itu rasa panas dalam dada juga dirasakan akibat tulang iga yang mendesak. Heratburn atau rasa panas pada dada yang dirasa, juga terdapat masalah dimana kaki bengkak yang memicu terjadinya varises. Resiko anemia juga dapat terjadi saat persalinan, pencegahan persalinan di trimester akhir ini dapat dilakukan dengan menjaga pola hidup, pola makan, dan tentunya berolahraga yang cocok untuk Ibu hamil 9 bulan agar dapat melalui proses persalinan dengan lancar. Berikut ini beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil usia 9 bulan, yakni:

Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 9 Bulan

5 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 9 Bulan

1. Kurma
Kurma merupakan makanan khas ramadhan yang bercitarasa manis ini memiliki manfaat yang dapat mengalirkan oksigen ke janin. Konsumsilah buah kurma sebanyak dua buah saat sarapan dan makan siang.

2. Pisang
Pisang kaya akan kandungan zat besi dan mineral yang amat baik untuk tubuh, Anda dapt mengkombinasikan untuk menu sarapan sehat dengan gandum. Hal ini akan mengurangi resiko anemia selama menjelang proses persalinan.

3. Bayam
Bayam merupakan sayuran hijau yang memiliki kandungan asam folat dan zat besi yang juga akan mengurangi resiko anemia menjelang proses persalinan.

4. Brokoli
Brokoli kaya akan asam folat, vitanin, dan zat besi yang dapat menjaga proses pencernaan dan mengurangi resiko anemia menjelang proses persalinan.

5. Madu
Madu memang terkenal dengan khasiatnya, kali ini mengkonsumsi madu untuk Ibu hamil dapat mengurnagi resiko anemia karena kaya akan zat besi. Konsumsi madu yang dikombinasikan dengan buah-buahan segar juga dapat menambah asupan nutrisi bagi Ibu hamil dan bayinya.

Beberapa makanan di atas, Ibu hamil juga dapat menambah asupan makanan yang dapat menambah kebutuhan kalori. Kalori di sini akan bermanfaat bagi tumbuh kembang janin dan energi yang akan dibutuhkan selama proses persalinan. Anda dapat mengkonsumsi nasi, umbi-umbian, maupun gandum agar kebutuhan kalori terpenuhi. Namun jagalah porsi kalori yang dibutuhkan saja agar berat badan terjaga dengan baik. Karena jika berat badan tidak terkontrol dengan makin lama meningkat maka akan terjadi gangguan pada proses persalinan, untuk berat badan yang kurang juga akan memperoleh masalah yang sama. Untuk itu jagalah agar berat badan tetap ideal, jagalah asupan cairan yang diperlukan oleh tubuh Anda dengan minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya agar terhindar dari resiko sembelit.

Posting Komentar

0 Komentar